PERANAN KOPERASI
Menurut
Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki
fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan
ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan
manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional,
serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Peran
koperasi dalam memajukan perekonomian masyarakat dari dulu hingga saat ini sangat lah banyak. Karena masyarakat dapat meminjam
atau berdagang pada koperasi tersebut. Bukan hanya itu saja peranan yang dilakukan koperasi juga dapat
membantu Negara untuk menggembangkan usaha kecil yang ada dalam masyarakat.
Peranan
koperasi dalam perekonomian Indonesia adalah :
·
Alat
pendemokrasi ekonomi
·
Alat
perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat
·
Membantu
pemerintah dalam mengelola cabang-cabang produksi yang tidak menguasai hajat
hidup orang banyak
·
Sebagai
soko guru perekonomian nasional Indonesia (tiang utama pembangunan ekonomi
nasional)
·
Membantu
pemerintah dalam meletakkan fondasi perekonomian nasional yang kuat dengan
menjalankan prinsip-prinsip koperasi Indonesia
Peran
Koperasi diberbagai Keadaan Persaingan
1. Di Pasar Persaingan Sempurna
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna :
-
Adanya penjual dan pembeli yang sangat
banyak
.
Produk yang dijual perusahaan adalah
sejenis
(homogen)
.
Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
.
Para pembeli dan penjual memiliki informasi
yang
sempurna
2.Di Pasar Monopolistik
-Banyak
pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
.
Produk yang dihasilkan tidak homogen
.
Ada produk substitusinya
.
Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
.
berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
3.Di Pasar Monopsoni
-Disini
ada penjual banyak tetapi hanya ada satu
Pembeli.
4.Di Pasar Oligopoli
Oligopoli
adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang
menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar
oligopoli
yaitu strategi harga dan nonharga.
Untuk
menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation
dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi,
membedakan
mutu dan bentuk produk.
•
Penawaran Harga yang bersifat Predator
•
Price Leadership
Sumber
:
http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi
http://muhammad-handy.blogspot.com/2012/11/koperasi.html
https://herdy92.wordpress.com/.../peranan-koperasi-dalam-perekonomian-indonesia/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar