1. Kejujuran
– Jujur Ketika Berkomunikasi atau Bersikap
Kejujuran merupakan salah satu poin penting untuk
menyukseskan usaha sekaligus membangun kepercayaan klien. Anda wajib bersikap
jujur dalam segala hal, mulai dari sekadar memberikan informasi hingga ketika
menganalisa kekurang perusahaan yang dipimpin.
2. Integritas
Seorang pimpinan perusahaan mendapatkan kepercayaan orang
lain karena ia memiliki integritas. Integritas sendiri diartikan sebagai
konsistensi dan sinkronisasi antara pemikiran, perkataan, dan perbuatan. Meski
demikian, membangun integritas tidaklah semudah bayangan karena seringkali Anda
harus berhadapan dengan berbagai kepentingan lain yang mungkin berseberangan
dengan kepercayaan. Dalam hal ini, seseorang dikatakan sebagai pemimpin yang
baik jika ia mampu bertahan dan tidak mengorbankan prinsip yang dipercaya hanya
karena mendapat tekanan dari pihak lain.
3. Memenuhi
Janji Serta Komitmen yang Dibuat
Seorang pebisnis diapat dipercaya karena ia mau dan mempu
berusaha memenuhi segala janji dan komitmen yang perna dibuat. Anda tidak boleh
sembarangan membuat janji, namun ketika diucapkan langsung berkomitmen untuk
memenuhinya dengan baik.
4. Loyalitas
Loyalitas adalah hal yang sangat diperlukan aga bisnis dapat
berjalan dengan baik tanpa menimbulkan konflik. Keloyalan dapat ditunjukkan
dengan bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan serta tidak mencampurkan
urusan kantor dengan masalah pribadi. Anda juga dapat menunjukkan loyalitas
dengan memberikan seluruh kemampuan demi perkembangan perusahaan kea rah yang
lebih baik.
5. Keadilan
Keadilan menjadi salah satu hal fundamental yang harus
dimiliki setiap pebisnis sukses. Mereka tidak menggunakan kedudukan atau
kekuatan yang dimiliki untuk bersikap otoriter maupun seenaknya sendiri. Mereka
mampu bersikap adil pada setiap karyawan, menoleransi perbedaan, berpikiran
terbuka, mengakui jika melakukan kesalahan, bahkan tak segan mengubah prinsip
atau keputusan jika diperlukan.
6. Kepedulian
Seorang pebisnis harus menjadi pribadi yang menunjukkan
kepedulian, simpatik, dan baik hati. Anda harus memahami konsep bahwa keputusan
dalam berbisnis tidak hanya berpengaruh bagi perusahaan, namun juga seluruh
karyawan dan staf yang terlibat didalanya. Seorang pemimpin harus mampu
memberikan keputusan yang memiliki sedikit dampak negated dan memiliki paling
banyak dampak positif.
7. Penghargaan
Anda harus menjadi pribadi yang menghargai orang lain jika
ingin menjadi pebisnis sukses. Anda juga harus bersikap profesional dengan
tidak membedakan perlakuan kepada orang lain berdasarkan jenis kelamin, ras,
agama, maupun kewarganegaraan. Hal ini penting dilakukan bukan hanya untuk
kebaikan perusahaan, namun juga agar lingkungan kantor tetap kondusif.
8. Mematuhi
Aturan
Dunia bisnis tentu memiliki berbagai aturan yang telah
ditetapkan secara tertulis maupun tidak tertulis. Patuhilah seluruh aturan
tersebut agar dapat menjadi pebisnis yang disegani banyak pihak.
9. Jiwa
Kepemimpinan
Seorang pebisnis harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik
dengan menyadari tanggung jawab yang dipikul. Anda juga harus bisa memotivasi
seluruh bawahan agar dapat bekerja dan menampilkan performa terbaik.
10. Menjaga
Reputasi
Seorang pebisnis harus memiliki kemampuan
membangun dan melindungi nama baik perusahaan beserta seluruh hal yang berada
di dalamnya. Hal inilah yang menjadi kunci datangnya konsumen karena percaya
bahwa perusahaan Anda dapat memenuhi segala kebutuhannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar